Thursday, November 5, 2015

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI SEBAGAI KAJIAN PRAKTIS


Pendidikan Anak Usia Dini merupakan bagian dari ilmu pendidikan yang secara khusus mempelajari pendidikan anak usia 0-6 tahun.
Pendidikan Anak Usia Dini pada hakikatnya adalah pendidikan yang diselenggarakan dengan tujuan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh atau menekankan pada perkembangan seluruh aspek kepribadian anak.
Dalam UU RI No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada pasal 1 ayat 14 menjelaskan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Dalam Undang – Undang tersebut,  perihal PAUD juga lebih dijelaskan pada pasal 28 yaitu sebagai berikut:
  1. PAUD diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar.
  2. PAUD dapat diselenggarakan melalui jalur pendidikan formal, nonformal, dan/atau informal
  3. PAUD pada jalur pendidikan formal berbentuk Taman kanak-kanak (TK), Raudatul  Athfal (RA), atau bentuk lain yang sederajat.
  4. PAUD pada jalur pendidikan nonformal berbentuk Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA), atau bentuk lain yang sederajat.
  5. PAUD pada jalur pendidikan informal berbentuk pendidikan keluarga atau pendidikan yang diselenggarakan oleh lingkungan.
  6. Ketentuan mengenai PAUD sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), ayat (2), ayat (3), dan ayat (4) diatur lebih lanjut dengan peraturan pemerintah.
Anak harus dibentuk sejak dini agar nantinya anak ketika mulai tumbuh dan berkembang dapat mengisi hari-harinya dengan kegiatan-kegiatan yang bersifat positif. Anak ketika melihat dan mendalami dunia luar akan membentuk jati diri anak. Sebagaimana diketahui bahwa anak-anak adalah generasi penerus bangsa. Salah satu jalan untuk menciptakan generasi yang berkualitas adalah Pendidikan Anak Usia Dini. Sebab, generasi penerus yang berkualitas harus dibekali dengan pendidikan yang baik agar dirinya menjadi manusia seutuhnya dan menjadi generasi yang baik daripada pendahulunya.
Pendidikan Anak Usia Dini merupakan salah satu penyelenggaraan sebagai upaya pembinaan bagi anak sejak lahir sampai usia enam tahun. Penyelenggaraan PAUD tersebut dilakukan dengan cara pemberian rangsangan pendidikan untuk memicu dan membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak nantinya memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lanjutan. Dengan adanya rangsangan tersebut, anak mampu mengembangkan potensi yang dimilikinya secara optimal.
Perkembangan ilmu ini menjadikan Pendidikan Anak Usia Dini sebagai disiplin ilmu yang multi dan interdisipliner, dalam arti, PAUD merupakan satu disiplin ilmu yang terdiri atas banyak ilmu yang saling terkait satu sama lain. berbagai ilmu tersebut antara lain, ilmu pendidikan, ilmu psikologi perkembangan, ilmu biologi perkembangan, ilmu sosiologi, ilmu kesehatan, ilmu olahraga, dan juga ilmu bidang studi seperti matematika, sains, bahasa dan seni, serta pendidikan jasmani.
Berbagai jenis disiplin ilmu tersebut nantinya akan membentuk anak menjadi anak yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya. Tidak hanya itu, juga membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar. Yang terpenting adalah membentuk anak dari aspek:
a.       Fisik/motorik
Anak mampu mengelolah gerakan dan keterampilan tubuh, termasuk gerakan-gerakan yang mengontrol tubuh baik gerakan halus maupun kasar.
b.      Intelektual
Mampu berpikir logis, kritis, berargumen, memecahkan masalah, dan memahami hubungan sebab akibat.
c.       Emosional
Mampu mengembangkan konsep diri dan sikap positif terhadap belajar, kontrol diri dan rasa memiliki yang wajar serta mengikis sifat egosentrisme.
d.      Aspek moral dan spiritual
Memahami aturan-aturan moral dan nilai-nilai agama, serta mentaatinya. Menjalankan ritual dan terlibat dalam kegiatan spiritual.
e.       Aspek sosial
Mampu bersosialisasi, bersahabat dengan orang lain, mengenal kehidupan masyarakat dan memahami keberagaman sosial dan budaya.
f.       Bahasa, seni, dan kreatifitas
Dapat berkomunikasi dengan bahasa sederhana. Memiliki sensitivitas terhadap irama dan dapat mengapresiasi seni. Dapat menyalurkan bakat dan minat dalam seni dan mengolah kreatfitas.
Pendidikan Anak Usia Dini membutuhkan tindakan atau praktik langsung karena harus bersentuhan langsung dengan anak-anak. Secara praktis, sebagaimana yang terterah dalam kurikulum bahwa pendidikan bagi anak usia dini adalah pemberian upaya untuk menstimulasi, membimbing, mengasuh dan pemberian kegiatan pembelajaran yang akan menghasilkan kemampuan dan keterampilan pada anak. Lebih lanjut, dibahas juga mengenai tindakan atau hal yang harus dimiliki oleh Pengajar Anak Usia Dini dalam hal praktik yaitu : 1) pengetahuan tentang isi pelajaran berkaitan dengan pemahaman pokok bahasan yang akan diajarkan dan dapat menjelaskan serta mendekati pokok bahasan tersebut dengan tepat; 2) pengetahuan tentang pendidikan yaitu berkaitan dengan penyajian isi pelajaran dengan cara yang menarik dan jelas, serta menggunakan alat peraga termasuk teknologi dengan tepat, Hal ini berkaitan dengan strategi pengajaran; 3) pengetahuan tentang professional yaitu berkaitan dengan cara memahami siswa dan memudahkan mereka memahami konsep-konsep tertentu, mempertimbangkan keadaan sekolah, keluarga dan masyarakat dalam menghubungkan konsep-konsep baru dengan apa yang telah siswa ketahui sebelumnya dan menerapkan konsep-konsep tersebut dalam situasi nyata; dan 4) kualitas professional yaitu berkaitan dengan nilai, komitmen, dan etika profesi yang mempengaruhi perilaku terhadap lingkungan pekerjaan karena bekerja dengan siswa, keluarga siswa, dan lingkungan masyarakat yang harus dijaga dengan baik.  
Beberapa  pendekatan  dalam  Anak Usia Dini antara lain:
1)      Pendekatan BCCT
Dikembangkan oleh CCCRT (Creative Center for Childhood Research and Training)  Florida, USA. Dilaksanakan di Creative Preschool asuhan Pamela. Pada perkembangannya di Indonesia bernama BCCT (Beyond Center and Cyrcle Time) yang kemudian akan diganti dengan nama Sentra & Lingkaran (SELING).
a.  Konsep Pendekatan BCCT Melalui 3 jenis main, antara lain:
1) Main Sensorimotor
a) Anak belajar melalui panca indera dan hubungan fisik dengan lingkungan
b) Dengan menyediakan kesempatan untuk berhubungan dengan bermacam- macam bahan dan alat permainan di dalam dan di luar ruangan.
2) Main Peran, atau simbolik, main pura-pura, fantasi, imajinasi atau main drama Untuk perkembangan kognisi, sosial dan emosi anak. Main Peran dibagi atas 2 jenis :
a) Main Peran Makro, Anak berperan sesungguhnya dan menjadi seseorang atau sesuatu
b) Main Peran Mikro, Anak memegang atau menggerak-gerakkan benda-  benda berukuran kecil untuk menyusun adegan
3) Main Pembangunan
a) Main pembangunan bahan sifat cair/bahan alam
Bermain dengan menggunakan bahan bahan cair seperti air, krayon, spidol cat dengan kuas, pensil, pulpen, playdough, ublegh, pasir, lumpur, biji-bijian seperti beras, kacang kedelai, kacang hijau dll.
b) Main Pembangunan Terstruktur
Bermain dengan mempergunakan balok unit, balok berongga, balok berwarna, lego, puzzle dan lain lain.



2)      Pendekatan Proyek
Pendekatan Proyek dikembangkan pertama kali oleh Lilian Katz. Kegaiatan pembelajaran melalui pendekatan proyek melibatkan proses kesatuan hati (heart) dan pikiran (minds) diantara anggota kelompok. Dengan demikian, hasil pengamatan yang bervariasi  dapat disatukan  dalam proses  penyelidikan  yang akhirnya  menghasilkan suatu karya yang berarti.
Prinsip Pendekatan Proyek antara lain:
a.  Pengetahuan (knowledge)
Fakta-fakta, informasi, cerita, konsep, dan banyak unsur dari  pikiran
b. Ketrampilan (skills)
Ketrampilan berbeda dengan pengetahuan. Pengetahuan harus dapat  menjadi suatu ketrampilan
c.  Disposisi (disposition)
Kebiasaan berpikir yang digabungan dengan hati
Untuk memenuhi aspek-aspek dalam perkembangan anak, baik psikomotorik, emosi, bahasa, sosial, moral, maka perlu adanya prinsip yang meliputi:
  1. Berorientasi pada kebutuhan anak
Anak usia dini adalah anak yang sedang membutuhkan upaya-upaya pendidikan untuk mencapai optimalisasi semua aspek perkembangan. Dengan demikian segala bentuk pembelajarannya hendaknya dilakukan melalui analisis yang disesuaikan dengan berbagai kebutuhan dan kemampuan anak.
  1. Belajar melalui bermain atau bermain sambil belajar
Dalam bermain, digunakan strategi, metode, materi/bahan dan media yang menarik agar diikuti oleh anak. Melalui bermain, anak diajak untuk bereksplorasi, menemukan, memanfaatkan dan mengambil kesimpulan mengenai benda di sekitarnya.
  1. Pendekatan kreatif dan inovatif
Beorientasi untuk mengembangkan rasa ingin tahu dan kreativitas anak. Hal ini dapat menjadikan seorang anak memiliki pengetahuan yang luas.
  1. Lingkungan yang kondusif
Lingkungan harus diciptakan sedemikian rupa sehingga menarik dan menyenangkan dengan memperhatikan keamanan dan kenyamanan yang dapat mendukung kegiatan belajar melalui bermain.
  1. Mengembangkan berbagai kecakapan hidup
Untuk mengembangkan keterampilan hidup dapat dilakukan dengan pembiasaan. Dari proses pembiasaan tersebut anak akan memiliki rasa tangung jawab, mandiri, dapat bersosialisasi dengan orang lain sehingga dapat dijadikan bekal keterampilan dasar untuk kelangsungan hidupnya.
  1. Stimulasi terpadu
Pendekatan ini menggunakan stimulus simulasi. Saat anak melakukan kegiatan dapat mengembangkan berbagai aspek, baik psikomotorik, emosi, bahasa, sosial, moral dan lain-lain.
  1. Menggunakan berbagai media dan sumber belajar
Media dan sumber belajar dapat berasal dari lingkungan alam sekitar atau bahan-bahan lainnya. Sumber pembelajaran yang memiliki penampilan menarik perhatian akan mudah dikenal dan diingat dengan baik oleh anak. Bahkan sering kali hal ini memunculkan kecanduan alam bawah sadar anak untuk memiliki. Ketertarikan anak pada sumber-sumber pembelajarn menjadi salah satu nilai positif yang dapat dimanfaatkan sebgaai wahana pembelajaran yang efektif dan efisien.


Daftar Pustaka

Morrison, George S. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini: Jakarta Barat: Indeks.

----. (2006). Pedoman Penerapan  Pendekatan  “Beyond Centers and Circle Time” (BCCT)  Dalam  Pendidikan  Anak  Usia  Dini.  Jakarta  :  Direktorat  PAUD, Ditjen Pendidikan Luar Sekolah, Depdiknas.

Partini. 2010. Pengantar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo Litera Media

Rahmasari, Harlina Dwi. 2011. Fungsi, Asas, Prinsip, dan Pendekatan Pendidikan PAUD. [online]. http://edukasi.kompasiana.com/2014/03/11/fungsi-asas-prinsip-dan-pendekatan-dalam-pendidikan-anak-usia-dini-637808.html. Diakses tanggal 10 Maret 2015.

Suyadi. 2014. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional

Tuesday, December 2, 2014

Pendidikan bukan hanya sekolah

Sejatinya pendidikan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Akan tetapi pendidikan tidak sebatas pendidikan formal (sekolah) yang biasanya kita pahami. Dalam undang-undang Republik Indonesia no.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional yang menjelaskan bahwa jalur pendidikan  terdiri atas 3 yaitu formal, nonformal dan informal.

Thursday, July 31, 2014

DOWNLOAD KAMUS KBBI OFFLINE GRATIS BAHASA INGGRIS

Helllooooo mas bro pasti susah yah cari software kamus KBBI yang offline. Tenang aja mas bro di blog ini kamu akan dapetin kamus KBBI gratis, daaaan kamu juga bisa langsung download  kamus bahasa inggris offline juga loh..hehehehhe.....Ok mas bro langsung download aja, nih linknya di bawah ini...


Tentang Aku


A.Ismail Lukman, Lahir pada tanggal 27 Januari 1991 di Bulu-bulu Kecamatan Tonra Kabupaten Bone.

Penulis Akrab disapa dengan Mail. Anak keempat dari enam bersaudara ini merupakan buah hati pasangan A. Lukman dan A. Syamsiah. Penulis memulai jenjang Pendidikan Dasar pada tahun 1997 di SDN 246 Bulu-bulu dan tamat pada tahun 2003, kemudian melanjutkan pendidikan di SLTP (Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama) Negeri 1 Tonra dan tamat pada tahun 2006.

Setelah itu, penulis melanjutkan pendidikan pada tahun yang sama di SMA (Sekolah Menengah Atas) Negeri 1 Tonra dan tamat pada tahun 2009. Pada tahun 2009, diterima sebagai mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Makassar.

Selama kuliah, penulis aktif di berbagai organisasi baik intra maupun ekstra kampus. Untuk intra kampus, antara lain: Ketua HIMAPLUS (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah) periode 2012-2013, Pengurus UKM Seni UNM sebagai Sekretaris Bidang Produksi dan Kekaryaan, pernah aktif menjadi Anggota Muda UKM MAPHAN UNM, Anggota Taekwondo UKM Olahraga UNM, dan Pengurus BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) UNM sebagai Wakil Presiden Mahasiswa,. Untuk ekstra kampus, antara lain: HmI Komisariat FIP UNM, Koord. Ikatan Mahasiswa Bone FIP UNM, Sekretaris Umum DPC KEPMI Bone, dan Koord. Bidang Dewan Pengurus Pusat KEPMI Bone.

 
Aku tau kalau aku adalah manusia yang selalu bermimpi untuk membahagiakan kedua orang tuaku..dan aku pun mengetahui bahwa aku harus berusaha mewujudkan semua itu..Ya Allah berikanlah cahaya kehidupan yang lebih baik untukku agar aku bisa menjadi orang yang lebih dan bermanfaat untuk semua orang

Monday, January 13, 2014

CONTOH KATA SAMBUTAN ORANGTUA WISUDAWAN

Bismillahirrohmani rrohim
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Selamat pagi/siang dan salam sejahtera buat kita semua
Yang Terhormat Bapak Rektor Universitas Negeri Makassar
Yang Terhormat Bapak Para Pembantu Rektor Universitas Negeri Makassar
Yang Terhormat Bapak Ketua Ikatan Alumni Universitas Negeri Makassar beserta   jajarannya
Yang Terhormat Bapak Ketua Senat Universitas Negeri Makassar beserta jajarannya
Yang Terhormat Bapak Kepala Biro Universitas Negeri Makassar
Yang Terhormat Bapak Para Dekan Universitas Negeri Makassar beserta jajarannya
Yang  Terhormat Seluruh Sivitas Akademika Universitas Negeri Makassar
Yang saya hormati Para Pengurus Lembaga Kemahasiswaan Universitas Negeri Makassar
Yang saya hormati Para Orang tua atau Wali Wisudawan.
Serta anak-anakku para wisudawan yang kami cintai dan banggakan…
.
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan rahmat, hidayah, dan kesehatan yang telah diberikan kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul bersama-sama di ruangan ini dalam acara wisuda dengan sehat wal’afiat tanpa halangan dan kekurangan satu apapun, dan dengan penuh kebahagiaan, terkhusus untuk kami para orang tua.
Tak lupa pula kita kirimkan shalawat serta salam kepada junjungan Nabi Muhammad saw. yang senantiasa menjadi teladan bagi kita semua.
Sebelumnya, terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya, untuk menyampaikan sepatah kata sebagai perwakilan dari orang tua wisudawan. Saya diminta untuk mewakili para orang tua wisudawan, terutama kami ingin mengucapkan dan menyampaikan kegembiraan dan kebanggaan kami sebagai orang tua yang anak-anaknya telah berhasil melewati suatu proses pendidikan tinggi. Di mana tidak semua orang memiliki keberuntungan yang sama untuk duduk dan menjalani pendidikan di salah satu universitas terbaik di Indonesia khususnya di Sulawesi Selatan ini. Anak-anakku semua patutlah bersyukur karena kalian merupakan orang-orang terbaik dan pilihan untuk merasakan indahnya dapat menjadi bagian dari universitas ini. Ada ribuan orang di luar sana yang antri ingin seperti anda sekarang ini.
Pada kesempatan yang sungguh membanggakan dan membahagiakan hari ini, kami selaku orang tua wisudawan menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar- besarnya kepada Bapak Rektor, Pembantu Rektor, Ketua IKA, Ketua SENAT, Dekan, Pembantu Dekan dan Staf serta seluruh Sivitas Akademika Universitas Negeri Makassar, yang telah mencurahkan ilmu dan pengetahuannya serta yang telah memberikan bimbingan dan berbagai fasilitas yang disediakan dengan penuh kesabaran dan perhatian kepada putra putri kami, sehingga putra putri kami dapat menyelesaikan gelar Diploma dan Strata 1 nya di  Universitas Negeri Makassar ini dengan sukses dan lancar, dan diharapkan dengan bekal gelar tersebut putra putri kami akan dapat meraih masa depan dan cita citanya dengan lebih baik. Selanjutnya kami mendo’akan semoga jerih payah dari Bapak dan Ibu semua dibalas oleh Tuhan Yang Maha Kuasa dengan balasan yang lebih baik. Amin.
Harapan dan nasihat untuk para wisudawan, anak-anakku janganlah cepat puas dan berbangga sebab ini bukanlah akhir dari perjuangan hidup anda, melainkan ini barulah awal dari langkah anda untuk menapaki hidup yang sesungguhnya. Memang ini adalah akhir dari pendidikan Diploma dan Strata1. Namun, ini adalah awal untuk khidupan kalian. Anak-anakku janganlah menganggap semuanya dengan mudah. Pendidikan yang anda raih pada hari ini, itu tidak cukup untuk membuat anda menjadi sukses, sebab persaingan di luar sana sangatlah keras. Anak-anakku harus mempertanggung  jawabkan  gelar diploma dan kesarjanaan yang anda capai pada hari ini. Gelar diploma dan kesarjanaan tersebut hanya merupakan salah satu bekal yang diperlukan menuju kehidupan bermasyarakat yang lebih luas dan kompleks. Pendidikan tinggi sebagai salah satu dimensi pengembangan kapasitas, khususnya pengembangan sumber daya manusia. tidak saja diperlukan untuk kehidupan pribadi anak-anak untuk menjalani kehidupan selanjutnya tetapi juga diperlukan bagi kemajuan masyarakat, bangsa dan negara. Orang tua kalian menguliahkan di Universitas Negeri Makassar ini tidak semata-mata ingin agar kalian cepat selesai, mendapat ijazah gelar diploma dan sarjana, namun lebih dari itu semua, kami ingin agar anak-anak kami bisa menjadi manusia yang pintar dan cerdas. Nampaknya kerja keras, kepintaran, kecerdasan, dan kreatif serta inovatif yang sangat dibutuhkan di masa mendatang yang tentunya harus didukung oleh akhlak yang baik sebagai umat yang beragama. Anak-anakku harus tetap menjaga sikap dan sifat. Dengan anak-anakku memiliki kesemuanya itu, kami sebagai orang tua yakin bahwa anda dapat menjadi manusia yang lebih baik. Tidak hanya memudahkan untuk mencari pekerjaan, tetapi juga pekerjaan yang akan mencari anda.
Tentunya akan dapat memberikan kontribusi kemanfaatan yang lebih kepada masyarakat dibandingkan dengan manusia yang tidak pintar dan cerdas. Sebaik- baik manusia adalah yang paling banyak memberikan manfaat kepada sekitarnya dan itu akan dapat diraih hanya dengan kepintaran dan kecerdasan. Disamping itu, Tuhan telah menjanjikan kepada manusia yang berakhlak mulia dan berilmu bahwa akan diangkat derajatnya lebih baik dari manusia biasa. Hakekat manusia itu adalah untuk mendapatkan kebahagian hidup di dunia sehingga kami dengan rasa tanggung jawab menghantarkan anda untuk menuntut ilmu itu. mengharapkan anak-anakku mendapatkan kehidupan yang bahagia dan kehidupan yang lebih baik dari orang tua kalian. Oleh karena itu, pesan kami carilah kebahagian hidup kalian dengan sebaik baiknya dengan bekal ilmu yang telah kalian terima selama ini. Jagalah nama baik keluarga dan janganlah menodai citra kampus kalian.
Demikianlah yang dapat saya sampaikan, sekali lagi terima kasih kepada seluruh sivitas Akademika Universitas Negeri Makassar yang dengan keikhlasan dan kesabaran dalam menghadapi anak-anak kami, dan saya ucapkan selamat kepada anak-anakku semua yang telah meraih gelar diploma dan kesarjanaannya, ketahuilah bahwa kamilah para orang tua yang paling berbahagia karena telah mengantarkan kalian sampai ketitik ini.
Saya memohon maaf apabila dari ucapan saya ada yang tidak berkenan dihati. Wabillahi Taufik Wal Hidaya.. Wassalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Kata sambutan ini disampaikan pada wisuda 12 Desember 2013 oleh Andi Syamsiah selaku Orangtua penulis.

IKLAN
Menerima pendaftaran agen tour and travel dengan harga murah dari aplikasi tiket yang yang terkenal saat ini. 
silahkan cek ig @alayyubtravel (https://www.instagram.com/alayyubtravel/?hl=id) atau hubungi nomor WA 083123419866. Mohon bantu disebarkan yah. Terima Kasih

Teka-teki ngga ada jawabannya



1.     Ada seekor katak yang ingin meyeberangi sebuah kolam spanjang 10 meter dan di dalam kolam itu terdapat 8 bunga teratai yang menghadang lompatannya ke ujung kolam. Berapa kali sang katak harus melompat agar bias sampai ke ujung kolam..??????

2.      Sebuah kereta api listrik bergerak ke arah utara. Jika angin bertiup dari arah barat daya,kea rah manakah asapnya bertiup….?

3.      Anda sedang mengikuti perlombaan lari sejauh 100 meter. Jika anda mendahului posisi kedua.pada posisi keberapakah anda sekarang…?

4.      Sebuah pesawat terbang dari Jakarta ke makassardalam waktu 1 jam 20 menit, tetapi pesawat tersebut dapat terbang dari Makassar ke Jakarta dalam waktu 80 menit.mengapa bias begitu
5.      Ibu lala memilki 4 orang anak perempuan, lele, lili, lolo.siapa anak keempatnya…?

6.      Saat mati lampu , benny berada di dalam sebuah ruangan gelap yang berisi lampu temple, perapian, dan pemanas air…manakah yang harus dinyalakan terlebih dahulu…?

7.      Salah satu kemampuan tikus yang di kenal adalah dapat beranak banyak.ada satu jenis tikus yang bisa melahirkan tiap bulan dengan 12 ekor anak setiap kali melahirkan.setelah 2 bulan ,anak tikus itu menjadi tikus dewasa dan bisa melahirkan anak lagi.jika suatu hari, dari kumpulan tikus-tikus itu diambil 1 ekor dan dibawa pulang dari sebuah took, dalam waktu 10 bulan,berapa banyak tikus yang ada….??????

8.      Huruf pertama dalam urutan alphabet adalah huruf A.Apakah huruf terakhir dalam urutan ALPHABET….?

9.      Apabila anda memasukkan sebuah koin ke dalam botol, lalu anda menyumbat botol tersebut dengan sebuah gabus,. Bagaimana anda bisa mengeluarkan koin dari dalam botol tersebut tanpa menarik gabus tersebut atau memecahkan botol tersebut…?????

1.     Berapa banyak tanah di dalam sebuah lubang di tanah yang panjangnya 15 m, lebarnya 8 m, dan dalamnya 2 m…????(tidak ada tanah dalam suatu lubang.tidak ada tanah di dalam sebuah lubang) 

1.  Ada seorang kakek yang ingin pulang ke rumahnya dengan melintasi jembatan .sesampainya di ujung jembatan, si kakek melihat sebuah papan peringatan bertuliskan”dilarang berjalan”,sementara jembatan tersebut adalah jalan satu-satunya untuk menuju rumahnya.bagaimana cara kakek itu melewati jembatan agar bisa sampai ke rumah dengan selamat…

1.    Dua buah es krim dimakan oleh 2 anak dalam waktu 2 menit. Berapa lama waktu yang diperlukan oleh lima anak untuk makan lima buah es krim..??? 

bBagi Yang Ingin Tau Jawabannya Silahkan Kirim e-mail ke A.ismail.lukman@gmail.com atau menghubungi saya langsung