Thursday, November 5, 2015

MODEL PEMBELAJARAN KEAKSARAAN MENGGUNAKAN MEDIA LAGU AKSARA




A.Ismail Lukman, S. P

Pendahuluan

Dalam konteks pemberantasan buta aksara diperlukan metode khusus dalam pembelajaran keaksaraan. Media dipandang sebagai alat atau sarana pembelajaran yang memainkan peran dalam menyampaikan materi-materi keaksaraan. Inovasi media pembelajaran menjadi kunci keberhasilan program keaksaraan, salah satunya dengan pemanfaatan media lagu aksara sebagai bentuk pengembangan media audio visual.

Keaksaraan menjadi permasalahan tersendiri bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Buta aksara merupakan salah salah satu bentuk ketertinggalan yang menjadi persoalan, dimana masyarakat yang mengalaminya tidak memiliki daya guna sama sekali. Semua masyarakat  ingin  menempati  posisi  teratas  dan  menjadi  nomor  satu  di  tempat  dia berada. Namun, masyarakat yang mengalami buta aksara sangat jauh dari impian tersebut, tempat terbawah dan menjadi pekerja kasar merupakan tempat yang mau tidak mau akan menjadi tempatnya.

Pendidikan keaksaraan merupakan salah satu jenis pendidikan yang dilakukan sebagai suatu proses yang menuntut warga belajarnya untuk mampu menguasai rana pendidikan yaitu membaca, menulis, dan berhitung (calistung). Jenis pendidikan ini termasuk dalam bagian  jenis  pendidikan  nonformal,  sebab  diselenggarakan  di  luar  lingkungan  dan aturan yang memang ditentukan pendidikan formal.



Ada permasalahan yang terjadi pada masyarakat yang kemudian disebut sebagai warga belajar yaitu (1) Ketidakmampuan secara ekonomi menjadi sebab warga belajar tidak mengenyam pendidikan formal, sehingga warga belajar mengalami buta aksara, (2) Pembelajaran keaksaraan selama ini bersifat kaku dan kurang dapat mentransfer materi- materi pengajaran, sehingga berdampak pada kurangnya kemampuan warga belajar dalam membaca berkenaan dengan pengenalan atau penyebutan huruf, (3) Media pembelajaran audio visual berbentuk lagu aksara” dianggap perlu diterapkan dalam pembelajaran keaksaraan, sehingga dapat meningkatkan kemampuan warga belajar dalam calistung.

Media Audio Visual dalam hal ini lagu aksara dirasakan dapat menambah efektivitas komunikasi dan interaksi antara tutor dan warga belajar. Penggunaan media lagu harus sejalan dengan tujuan pengajaran yang telah dirumuskan. Media pembelajaran audio- visual adalah media yang membawa pesan-pesan atau informasi yang bertujuan instruksional atau mengandung maksud-maksud pengajaran.

Lagu merupakan sebuah teks yang dinyanyikan. Lagu berasal dari sebuah karya tertulis yang  diperdengarkan  dengan  iringan  musik.  Mendengarkalagu  memberikan  efek sedih, senang, bersemangat, dan perasaan emosi lain. Selain itu, lagu mampu menyediakan sarana ucapan yang secara tidak sadar disimpan dalam memori di otak. Keadaan  ini  yang  justru  menjadikan  proses  pembelajaran  menjadi  tidak  kaku, dan terkesan dikondisikan, yang kadang dalam beberapa hal tidak disenangi oleh siswa. Melihat keuntungan tersebut, lagu memberikan keuntungan tersendiri bagi pengajaran pengucapan, sehingga hasilnya dianggap lebih efektif.



Acuan Teori

Pendidikan keaksaaran sangat berperan penting dalam perkembangan pendidikan karena berfungsi untuk meningkatkan mutu masyarakat terutama yang berkaitan dengan pendidikan itu sendiri. Pendidikan keaksaraan adalah suatu bentuk layanan pendidikan nonformal  bagi  masyarakat  yang belum  dan  ingin  memiliki  kemampuan  membaca, menulis, dan berhitung (calistung), yang bersifat fungsional bagi kehidupannya, ditambahkan pula oleh Amri (2010: 85) yang menyatakan bahwa:
Pendekatan yang harus digunakan dalam penyelenggaraan keaksaraan meliputi: (1) mengembangkan kemampuan calistung dengan menekankan pada kemampuan menulis, membaca, dan berhitung, (2) menekankan keterlibatan warga belajar secara aktif dan kreatif, (3) membangun pengetahuan, pengalaman dengan memperhatikan tradisi lisan warga belajar (bahasa ibu) dan keaksaraan lain, (4) dalam mengajar mengutamakan bahan belajar yang digali dari lingkungan hidup warga belajar yang memiliki karakteristik beragam, (5) proses pembelajaran harus didesain agar responsive dan relevan dengan konteks sosial- kultural warga belajar.

Dalam konteks pengembangan kemampuan calistung dalam pembelajaran keaksaraan, maka diperlukan pengetahuan dasar mengenai menulis dan membaca. Perihal tersebut, pengenalan awal dapat dilakukan dengan menjelaskan mengenai huruf dan tanda atau simbol-simbol aksara. Seperti yang dikemukakan oleh Alwi (2007: 413) yang menjelaskan bahwa huruf adalah tanda aksara dalam tata tulis yang merupakan anggota abjad yang melambangkan bunyi bahasa. Lebih lanjut, menurut waridah (2009: 4) menyebutkan bahwa pemakaian huruf dibedakan menjadi 4 macam jenis huruf, yaitu (1) Huruf vokal (a,i,u,e,o), (2) Huruf Konsonan, (3) Huruf diftong (ai,au,oi), dan (4) Gabungan huruf konsonan (kh,ng, ny,sy).

Pembelajaran keaksaraan yang di dalamnya terdapat materi-materi calistung harus dipahami mengenai cara penyampaiannya kepada masyarakat yang masih buta aksara atau  dalam  hal  ini  disebut  warga  belajar.  Penyampaian  materi-materi  calistung



dilakukan mulai dari materi paling dasar, yaitu pengenalan abjad (alfabet). Sarana untuk menyampaikan materi tersebut dilakukan melalui media yang disebut media pembelajaran.

Arsyad (2011) menjelaskan bahwa media berasal dari bahasa Latin medius yang secara harfiah berarti tengah, perantara, atau pengantar. Dalam bahasa Arab, media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan. Ditambah pula oleh Gerlach dan Ely (dalam Arsyad, 1971) yang mengatakan bahwa media apabila dipahami secara garis besar adalah manusia, materi, atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat warga belajar mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan, atau sikap.

Dalam  pengertian  ini,  tutor,  buku  teks,  dan  lingkungan  sekolah  merupakan  media. Secara lebih khusus, media dalam proses belajar mengajar cenderung diartikan sebagai alat-alat   grafis,  photografis,  atau  elektronis  untuk  menangkap,  memproses,  dan menyusun kembali informasi visual atau verbal. Media dalam proses belajar mengajar juga harus disesuaikan dengan tujuan instruksional dan sasaran pengguna media. Selain itu, penerapan media dalam proses belajar mengajar harus dapat membangkitkan rasa ingin tahu dan minat, membangkitkan motivasi dan rangsangan dalam proses belajar mengajar, serta dapat mempengaruhi psikologi warga belajar. Salah satu media yang memiliki muatan tersebut yaitu media lagu.

Suhart (dala Wardah 2005:37 mengungkapka bahwa   lagu   adala sarana informasi dan  edukasi  bagi  negara dan  bagi  masyarakatSebagai  sarana  informasi, lagu sebagai sarana penyampaian  ungkapan  hati  atau  ungkapan  perasaan  seorang penyair     kepada     pendengar.  Lebih  lanjut,  Gustiani  (2006:  32)  mengemukakan



kelebiha dar media   lag adala pertama   bisa   diputa berulang-ulan sesuai kebutuha siswa kedu lagu   dapa dihapu da digunaka kembali ketiga mampu mengembangkan  imajinasi siswa,  keempat sangat efektif untuk pembelajaran bahasa,  kelima  penggandaanprogramnya  sangat  mudasehingga  bisa  diberikan kepada setiap anak didik.

Dalam pengaplikasiannya, media lagu yang berbentuk audio dikolaborasikan dengan media visual, dimana tampilan teks yang berisi materi pengenalan huruf (aksara) dapat ditayangkan melalui layar proyektor.



Model Konseptual

Berdasarkan acuan teori dan permasalahan yang ditemui di lapangan maka dapat diajukan model konseptual terkait keaksaraan yang berupa model pembelajaran keaksaraan menggunakan medialagu aksara.

Model pembelajaran keaksaraan ini ditujukan bagi masyarakat (warga belajar) sebagai sasaran dengan rentang usia di atas 15 tahun yang masih berkeaksaraan rendah. Hal ini didasarkan pada persoalan yang masih membelit terkait rendahnya keberaksaraan yang dimiliki oleh sebagian besar masyarakat. Program keaksaraan yang sudah berlangsung dirasa  masih  belum  mumpuni  (ampuh)  untuk  mengentaskan  masyarakat  dari  buta aksara. Pembelajaran keaksaraan yang terkesan kaku dirasakan menjadi sebab utama rendahnya kualitas pembelajaran. Hadirnya media lagu aksarasebagai wujud pengembangan dari media pembelajaran audio-visual berkontribusi besar dalam proses pembelajaran.



Model pembelajaran keaksaraan menggunakan media lagu aksara” terdiri dari 3 tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, dan (3) evaluasi. Tahap perencanaan lebih kepada persiapan, seperti halnya pada pembelajaran umumnya, tahap persiapan merupakan tahap awal untuk mempersiapkan beberapa elemen. Elemen tersebut antara lain; tujuan, materi, alat, sasaran dan evaluasi. Tahap kedua, tahap pelaksanaan merupakan tindak lanjut dari tahap perencanaan yang terdiri atas materi dan metode. Materi pada tahap pelaksanaan merupakan pengembangan materi pada tahap perencanaan yang sudah mengalami transformasi menjadi bentuk visual yang siap ditayangkan melalui layar proyektor. Materi tersebut berbentuk lirik lagu aksara yang memuat huruf-huruf (alfabet).

Tahap lanjut dari pelaksanaan mengarah pada isi model yang memiliki 5 alur secara berurutan. Pertama, pengantar (introduction) merupakan bagian awal sebagai bentuk pengenalan dan pembuka pembelajaran keaksaraan menggunakan media lagu aksara. Warga belajar akan diberikan arahan  selama 10 menit untuk memahami  dan dapat melaksanakan pembelajaran keaksaraan sesuai alur pembelajaran dengan media lagu aksara. Kedua, penayangan (performance) lagu aksara” menggunakan alat yang meliputi proyektor dan gitar selama 15 menit. Penayangan lagu aksara” dilakukan oleh instruktur atau tutor sebagai operator dalam menyampaikan materi keaksaraan dalam bentuk   nyanyian.   Proyektor   berfungsi   sebagai   alat   untuk   menayangka materi keaksaraan  yang berbentuk lirik lagu dagitar berfungsi  sebagai alat  musik untuk mengiringi lagu. Ketiga, latihan (practice), warga belajar akan mendapat panduan dari instruktur atau tutor untuk mempraktikkan materi keaksaraan yang sudah ditayangkan dengan alokasi waktu 25 menit. Keempat, uji kemampuan (test performance), warga belajar setelah melampaui tahap 1-3 kemudian akan diuji melalui tes yang berbentuk uji



kemampuan  secara  berturut-turut  mulai  dari  membaca  dan  menulis  dengan  alokasi waktu 20 menit. Kelima, tinjauan (review) merupakan bentuk evaluasi formatif untuk melihat kembali tingkat kemampuan warga belajar setelah menggunakan media lagu aksara dalam pembelajaran keaksaraan dengan alokasi waktu 10 menit.

Tahap terakhir, evaluasi terdiri atas evaluasi formatif dan sumatif. Evaluasi formatif dilakukan di setiap usai pembelajaran keaksaraan menggunakan media lagu aksara, sedangkan evaluasi sumatif dilakukan sebagai bentuk evaluasi secara keseluruhan. Evaluasi sumatif berfungsi untuk mengetahui tingkat ketercapaian pembelajaran keaksaraa menggunaka media   lag aksara Ketercapaian   tersebut   berupa
peningkatan kemampuan calistung warga belajar.





Lampiran. Lagu Aksara



AKSARA

MARI KITA SEBUT HURUF A                                                                                                              G, EM, AM, D MARI KITA SEBUT HURUF B
MARI KITA SEBUT HURUF C

MARI KITA SEBUT HURUF D

MARI KITA SEBUT HURUF E MARI KITA SEBUT HURUF F MARI KITA SEBUT HURUF G MARI KITA SEBUT HURUF H
REFF: AYO BELAJAR, AGAR KITA PINTAR MEMBACA MARI KITA SEBUT HURUF I
MARI KITA SEBUT HURUF J

MARI KITA SEBUT HURUF K MARI KITA SEBUT HURUF L
MARI KITA SEBUT HURUF M

MARI KITA SEBUT HURUF N MARI KITA SEBUT HURUF O MARI KITA SEBUT HURUF P
BACK TO REFF:

MARI KITA SEBUT HURUF Q MARI KITA SEBUT HURUF R MARI KITA SEBUT HURUF S MARI KITA SEBUT HURUF T
MARI KITA SEBUT HURUF U MARI KITA SEBUT HURUF V MARI KITA SEBUT HURUF W MARI KITA SEBUT HURUF X
DUA HURUF LAGI YAKNI HURUF Y,Y, YEYE DAN Z NANANNANNANANANANANANANANANA



DAFTAR PUSTAKA



Alwi, Hasan, dkk. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Jakarta: Balai Pustaka.

------. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Amri,  M.  Ali  Latif,  dkk.  2010.  Pendidikan  Keaksaraan:  Kawasan  pesisir  dan kepulauan. Makassar: Pena Press.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Gustiani.       2006.       Hakikat       Lagu.       (http://blog       media       pembelajaran guru.blogspot.com/2012/06/penggunaan-media-lagu),  diunduh   pada   tanggal   4
0ktober 2014.

Kridalaksana,  Harimurti.  2008.  Kamus  Linguistik.  Jakarta:  PT  Gramedia  Pustaka

Utama.

Sadiman,  Arief.  Dkk.  2008.Media  Pendidikan:  Pengertian,  Pengembangan,  dan

Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wardah.       2005.       Hakikat       Lagu.       (http://blog       media       pembelajaran guru.blogspot.com/2012/06/penggunaan-media-lagu),  diunduh  pada  tanggal  14
0ktober 2012.

Waridah,  Ernawati.  2009:  EYD  &  Seputar  Kebahasa-Indonesiaan.  Jakarta:  Kawan


Pustaka.

No comments:

Post a Comment